Sukses


La Liga Spanyol Mengutuk Liga Super Eropa dengan Sebutan Turnamen Egoistis

Bola.com, Jakarta - La Liga telah merilis pernyataan tegas yang mengutuk berita terbaru bahwa 12 klub terbesar Eropa berencana membentuk Liga Super Eropa. Operator Liga Spanyol itu melabelinya dengan sebutan 'turnamen egois'.

Atletico Madrid, Barcelona, ​​Real Madrid, Milan, Arsenal, Chelsea, Inter, Juventus, Liverpool, Manchester City dan Manchester United adalah anggota pendiri Liga Super Eropa. Florentino Perez akan menjabat sebagai presiden pertama.

Format kompetisi akan terdiri dari 20 klub, dengan 15 klub pendiri dan lima klub tambahan yang memenuhi syarat setiap tahun berdasarkan performa musim sebelumnya. Semua pertandingan akan dimainkan tengah pekan, dan rencananya akan dimulai pada Agustus.

Gagasan turnamen ini adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi secara signifikan yang akan memungkinkan klub-klub mendukung sepak bola Eropa melalui komitmen jangka panjang yang berkontribusi pada pertumbuhan solidaritas sejalan dengan pendapatan yang dihasilkan dari liga baru.

Kabarnya, JP Morgan selaku penyalur dana bakal memberikan uang sebesar 3,5 miliar Euro per tahun kepada klub-klub pendiri Liga Super Eropa. Jumlah ini jauh lebih besar daripada yang diberikan UEFA kepada tim-tim peserta Liga Champions.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Mengecam Keras

Melalui rilis resminya, La Liga mengutuk keras wacana Liga Super Eropa. Disebutnya, turnamen tersebut bisa merusak prinsip-prinsip dan nilai sepak bola dengan segala tradisinya.

"La Liga mengutuk keras proposal yang baru-baru ini diterbitkan untuk sebuah kompetisi Eropa elitis yang memisahkan diri yang menyerang prinsip-prinsip kompetisi terbuka dan prestasi olahraga yang merupakan jantung piramida sepak bola domestik dan Eropa," demikian pernyataan La Liga setelah dirilis pada Senin pagi.

"Hari ini penggemar sepak bola di seluruh Eropa dapat bermimpi bahwa klub mereka, tidak peduli ukurannya, dapat unggul, naik ke puncak dan bersaing di puncak sepak bola Eropa. La Liga mempertahankan tradisi sepak bola Eropa ini untuk semua. Konsep yang diusulkan oleh 12 klub Eropa menghancurkan mimpi itu, menutup pintu ke puncak sepak bola Eropa, memungkinkan hanya segelintir elit saja."

"La Liga memiliki sejarah 90 tahun yang membanggakan sebagai kompetisi terbuka dan berdasarkan prestasi. Jutaan penggemar di seluruh dunia mengikuti 42 klub La Liga Santander dan La Liga SmartBank. Keberhasilan kompetisi kami telah membantu sepak bola menjadi kontributor utama ekonomi Spanyol, menyumbang hampir 1,4% dari PDB dan menyediakan lapangan kerja bagi hampir 200.000 orang."

Sumber: La Liga

3 dari 3 halaman

Sementara Itu, Persaingan di Papan Atas Klasemen Masih Berlangsung Panas

Video Populer

Foto Populer