Bursa Transfer Liga Spanyol: 4 Klub Tujuan Sergio Ramos Setelah Resmi Dilepas Real Madrid

Oleh Erwin Fitriansyah pada 17 Jun 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 17 Jun 2021, 16:45 WIB
Foto Liga Spanyol: Tak Temui Titik Temu, Real Madrid dan Sergio Ramos Resmi Berpisah
Kontrak Sergio Ramos yang sekarang hanya berlaku sampai tanggal 30 Juni mendatang. Keduanya sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak tersebut sehingga Sergio Ramos bisa pindah ke klub lain dengan status bebas transfer. (AFP/Gabriel Bouys)

Bola.com, Jakarta - Real Madrid mengumumkan tidak akan memperpanjang kontrak Sergio Ramos yang berakhir pada 30 Juni. Bek tengah yang sudah bermain selama 16 tahun di Real Madrid itu kini berstatus bebas transfer. Klub yang menginginkan jasanya hanya perlu bernegosiasi soal durasi kontrak dan besarnya gaji dengan Ramos.

Usia Ramos sudah menginjak 35 tahun. Namun pengalaman dan kemampuan teknis dirinya masih memikat sejumlah klub papan atas di Eropa. Satu-satunya kelemahan yang dimiliki Ramos adalah soal cedera yang mulai sering menghampiri.

Musim lalu, Ramos tak bisa tampil maksimal karena cedera. Ia hanya tampil sebanyak 21 kali di seluruh kompetisi yang diikuti Real Madrid. Hal itu yang membuat Ramos akhirnya tidak dibawa pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, ke Piala Eropa 2020.

Padahal status Ramos masih menjadi kapten tim, baik di Real Madrid maupun timnas. Enrique terpaksa tidak memasukkan Ramos ke dalam tim karena kondisi fisiknya dinilai tidak fit setelah serangkaian cedera yang membuatnya banyak absen musim lalu.

Kemana Ramos bakal berlabuh? Hal ini yang menarik buat ditunggu. Berikut klub yang mungkin bakal menjadi tujuan Ramos.

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

1. Manchester City

Foto Liga Spanyol: Tak Temui Titik Temu, Real Madrid dan Sergio Ramos Resmi Berpisah
Sergio Ramos sudah membantu Madrid memenangi banyak gelar. Antara lain lima trofi LaLiga, dua Copa del Rey, empat Piala Super Spanyol, empat Liga Champions, tiga Piala Super Eropa, dan empat Piala Dunia Antarklub. (EPA/Aandy Rain)

Juara Liga Inggris ini tak ada masalah soal ketersediaan dana untuk mengontrak Sergio Ramos. City dan pelatih Pep Guardiola tentu masih penasaran karena hingga saat ini belum berhasil menjuarai Liga Champions.

City saat ini hanya memiliki Ruben Dias, John Stones, dan Nathan Ake sebagai bek tengah. Eric Garcia dilepas ke Barcelona dan Aymeric Laporte sedang dalam proses pindah.

Buat mempertahankan gelar Liga Inggris dan mengejar Liga Champions, tiga bek tengah jelas tak cukup. City butuh pemain sekaliber Ramos untuk bisa bersaing di musim depan.

3 dari 6 halaman

2. Paris Saint-Germain

Foto Liga Spanyol: Tak Temui Titik Temu, Real Madrid dan Sergio Ramos Resmi Berpisah
Real Madrid pada akhirnya mengambil keputusan berat terkait masa depan bek sekaligus kaptennya, Sergio Ramos. Mereka memastikan sang pemain tidak akan mengenakan seragam kebanggaan Los Merengues musim depan. (AFP/Fayez Nureldine)

Sama halnya dengan City, PSG adalah klub kaya raya yang tak punya masalah soal duit. Klub asal Prancis ini juga masih penasaran dengan gelar Liga Champions. Apalagi musim lalu gelar Liga Prancis malah dicuri oleh Lille.

Sejak ditinggal Thiago Silva, yang pindah ke Chelsea dengan status bebas transfer, PSG timpang di lini belakang. Duet Presnel Kimpembe yang menemani kapten Marquinhos di lini belakang belum terlihat kokoh. Ramos bisa menjadi tambahan kekuatan yang amat berarti buat PSG.

4 dari 6 halaman

3. Manchester United

Foto Liga Spanyol: Tak Temui Titik Temu, Real Madrid dan Sergio Ramos Resmi Berpisah
Sergio Ramos mendarat di Santiago Bernabeu pada tahun 2005 lalu setelah direkrut dari Sevilla dengan mahar sebesar 27 juta euro. (EPA/Andy Rain)

Satu tempat di lini belakang Manchester United sudah pasti menjadi hak milik kapten tim Harry Maguire. Namun pasangan Maguire hingga saat ini masih belum memberikan keamanan dan terus dipertanyakan kualitasnya.

Kualitas Victor Lindelof dan Eric Bailly dinilai tak cukup. Axel Tuanzebe dan Phil Jones juga jarang diberi kesempatan jadi starter.

Manchester United dan Sergio Ramos sempat menjalin penjajakan pada 2015. Kini mungkin waktunya yang tepat buat Manchester United mengakhiri penantian memakai jasa Ramos.

5 dari 6 halaman

4. Sevilla

Bek Subur Cetak Gol
1. Sergio Ramos (Real Madrid) – Pria Spanyol ini mencetak gol ke-100 saat Real Madrid mengalahkan Leganes 3-0 di Copa del Rey. Bek tengah ini telah mengemas 80 gol bersama Real Madrid, 3 gol di Sevilla dan 17 gol di timnas Spanyol. (AP/Manu Fernandez)

Sevilla bukan klub kaya raya yang punya dana melimpah. Namun tim ini bisa menjadi tujuan Ramos karena soal romantisme masa lalu.

Sebelum bergabung dengan Real Madrid di usia 19 tahun pada 2005, Ramos adalah punggawa Sevilla. Buat Ramos, Sevilla selalu memiliki tempat di hati. Meski kecil kemungkinan Sergio Ramos kembali ke Sevilla, peluang tetap ada.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Berikut

Lanjutkan Membaca ↓