Sukses


Liga Spanyol: Sulit Bagi PSG Menahan Kepergian Kylian Mbappe, Real Madrid Kipas-kipas Untung Banyak

Bola.com, Jakarta - Agaknya tinggal menunggu waktu saja Kylian Mbappe berpisah dengan PSG. Sang penyerang sayap terus berkeras menolak menandatangani kontrak baru. Real Madrid jelas diuntungkan dengan situasi ini.

Pemain internasional Prancis itu memiliki satu tahun tersisa dalam kontraknya di Parc des Princes. Beberapa bulan terakhir ia dikait-kaitkan dengan Real Madrid dan Liverpool.

PSG bersikeras bahwa aset paling berharga mereka tidak akan diizinkan pergi pada 2021, raksasa Prancis itu juga tidak ingin mengambil risiko kepergian Mbappe dengan status bebas transfer.

Meski demikian, menurut Marca, pemain berusia 22 tahun dan ofisial klub belum menemukan penyelesaian yang sesuai dengan kedua belah pihak.

Mbappe diduga lebih suka menandatangani kontrak baru dengan jaminan ia bisa pindah ke tempat lain jika klub lain membuat tawaran yang sesuai.

Namun, PSG saat ini tidak berniat menyetujui permintaan tersebut, yang akan bertentangan dengan aturan yang digariskan oleh Liga Sepak Bola Profesional Prancis.

Real Madrid ada di barisan terdepan dalam perburuan Kylian Mbappe. Sang wonderkid amat mengidolakan Los Blancos. Namun, bukan berarti El Real bisa dengan mudah merekrutnya.

Raksasa Liga Inggris, Liverpool, kabarnya siap menikung Real Madrid secara diam-diam terkait transfer Kylian Mbappe.

Menurut Mirror, The Reds mempunyai cara tersendiri agar tak mengeluarkan uang sepeser pun untuk menebus Kylian Mbappe. Mereka disebut rela menunggu dan memanfaatkan status bebas transfer sang pemain pada musim depan.

Keseriusan Liverpool mendatangkan Mbappe disinyalir untuk menutupi kelemahan sektor lini depan mereka. The Reds tampil memble musim lalu, salah satu penyebabnya yakni buntunya permainan Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane.

Dengan kualitasnya, Mbappe bisa menjadi mengisi sektor sayap kiri, menggantikan Sadio Mane yang musim lalu menunjukkan penurunan performa.

Video

2 dari 3 halaman

Kontrak yang Membuat PSG Serbasulit

Mbappe yang berniat pergi dari PSG memiliki dua opsi. Pertama, meninggalkan klub dengan kesepakatan yang baik melihat sisa tahun kontraknya dan pindah ke Real Madrid atau Liverpool sebagai agen bebas setelah musim depan. Opsi kedua adalah menandatangani kesepakatan dengan klausul tambahan di klub Paris tersebut.

Opsi kedua dianggap yang paling realistis karena PSG tak ingin kehilangan aset berharganya dalam waktu dekat.

Mbappe menginginkan alternatif terbaik bagi kedua belah pihak. Ketika klub ingin menandatangani kontrak baru, Mbappe sebenarnya ingin kebebasan untuk pindah klub jika dia menginginkannya di kemudian hari.

Kesepakatan ini tidak akan mudah dari sudut pandang hukum. Klub Prancis dilarang memasukkan klausul untuk mengizinkan pemain pergi berdasarkan pasal 202 Liga Sepak Bola Profesional Prancis. Meski klub bisa membuat kesepakatan pribadi, kesepakatan Mbappe dan PSG tentu akan berisiko.

Ada pembicaraan tentang klausul serupa yang ada dalam kontrak Neymar. Klausul itu memungkinkan dia kembali ke Barcelona, tetapi fakta bahwa pemain Brasil itu tidak kembali sebagian karena klausul seperti itu ternyata tidak pernah benar-benar ada.

PSG tahu bahwa Mbappe bisa meninggalkan Ibu Kota Prancis secara gratis musim depan. Hal serupa pernah terjadi pada Thiago Silva dan Edison Cavani. Keduanya memang meninggalkan klub dalam situasi yang sama musim lalu, tetapi Thiago dan Cavani telah berada di Paris lebih lama dan berada pada tahap berbeda dalam karier mereka.

Sumber: Sports Mole

3 dari 3 halaman

Klasemen Akhir La Liga 2020-2021

Video Populer

Foto Populer