Liga Spanyol: Gara-gara Liverpool, Barcelona Mungkin Bekukan Philippe Coutinho dari Skuad

Oleh Yus Mei Sawitri pada 18 Jul 2021, 20:45 WIB
Diperbarui 18 Jul 2021, 20:45 WIB
10 Mega Transfer Sepanjang Masa Liga Spanyol
10. Philippe Coutinho - Pemain asal Brasil ini menjadi rekrutan termahal klub Liga Spanyol sepanjang sejarah. Barcelona mendatangkan Coutinho dari Liverpool pada musim 2017/2018 dengan harga fantastis yaitu mencapai 145 juta euro. (AP/Joan Monfort)

Bola.com, Barcelona - Barcelona berencana mengambil langkah ekstrem untuk Philippe Coutinho. Sang pemain kemungkinan akan dicegah bermain untuk Barcelona lagi, bahkan jika tidak bisa dijual pada musim panas ini.

Barcelona tertarik melepas Coutinho karena ingin mengurangi tagihan upah demi memenuhi gaji Lionel Messi dan empat pemain baru mereka. 

Berdasar aturan gaji La Liga, Barca hanya dapat membelanjakan 25 persen dari pendapatan mereka. Barcelona dalam posisi sulit, kecuali beberapa pemain papan atas dapat dijual musim panas ini.

Bersama dengan Antoine Griezmann, Coutinho adalah salah satu pemain yang sulit dijual sejak kepindahannya senilai 135 juta pounds dari Liverpool pada 2018.

Sejak kedatangannya, Coutinho hanya memberikan kontribusi minim. Catatan terbaiknya adalah saat berstatus pinjaman di Bayern Munich, memenangkan Liga Champions bersama raksasa Bundesliga itu.

Barca sekarang benar-benar putus asa untuk menyingkirkan Coutinho karena cedera lutut yang serius. Sayangnya, tak mudah mencari klub pembeli yang mau membayari gaji Coutinho yang mencapai 20 juta euro per tahun. 

Tetapi, jika tidak dapat menjual Coutinho, Barcelona mungkin terpaksa membekukannya dari skuad. Mengapa? 

 

2 dari 3 halaman

Pembatalan Kontrak Terlalu Mahal

Philippe Coutinho dan 5 Pembelian Termahal Barcelona
1. Philippe Coutinho (145 juta euro) - Philippe Coutinho menjadi pembelian termahal Barcelona sampai saat ini. Pemain asal Brasil ini dilabukan Barcelona dari Liverpool pada tahun 2018 dengan transfer mencapai 145 juta euro. (AFP/Josep Lago)

Seperti dikutip dari Diario AS, Minggu (18/7/2021), Coutinho tinggal butuh 10 penampilan lagi untuk membuat klausul khusunya aktif. Klausul itu membuat Barcelona harus membayar 20 juta euro lagi ke Liverpool.

Jika ingin membantalkan kontrak sang gelandang, Barcelona juga butuh dana besar. Pembatalan kontrak Coutinho membutuhkan biaya 50 juta euro. 

Satu-satunya pilihan Barca adalah mencari pembeli dengan harapan pemain berusia 29 tahun itu bersedia menerima mendapatkan pemotongan gaji di tempat lain. 

Kalau bukan karena biaya tambahan yang harus disetor ke Liverpool, Barcelona bisa saja bermain sabar dengan Coutinho, berusaha untuk mengurangi kontraknya, seperti yang sedang mereka lakukan dengan pemain senior lainnya, dan memberinya kesempatan membuktikan dirinya. .

Tetapi mengingat situasi keuangan yang buruk di Camp Nou, mereka kemungkinan besar akan melakukan segala daya untuk menghindari membayar biaya tambahan ke Liverpool jika Coutinho mencapai 100 pertandingan dengan seragam Barca.

Sumber: AS 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓