Liga Spanyol: Barcelona Berpotensi Tanpa Lionel Messi Sampai Januari 2022, Ada Apa?

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 25 Jul 2021, 07:45 WIB
Diperbarui 25 Jul 2021, 07:45 WIB
Foto Liga Spanyol: Lionel Messi Cetak Gol, Barcelona Susah Payah Taklukkan Levante
Striker Barcelona, Lionel Messi, menendang bola saat melawan Levante pada laga Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Senin (14/12/2020). Barcelona menang dengan skor 1-0. (AFP/Lluis Gene)

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi dan Barcelona akan meneken kontrak baru. Namun, masalah baru bisa muncul karena mungkin saja Blaugrana tidak bisa mendaftarkan La Pulga ke La Liga pada paruh pertama musim 2021/2022 ini.

Saat ini Lionel Messi berstatus tanpa klub karena tidak terikat kontrak dengan tim mana pun. Pemain berusia 33 tahun itu sudah habis kontrak bersama Barcelona yang berakhir pada Juni 2021 lalu.

Namun, Barcelona tidak perlu cemas. Mereka sudah mencapai kesepakatan kontrak baru dengan Lionel Messi. Pemain asal Argentina itu akan bertahan lebih lama dan kabarnya bakal menerima kontrak berdurasi lima tahun.

Barcelona tidak bisa sepenuhnya bernapas lega walau sudah mendapatkan kesepakatan dengan Lionel Messi. Ada masalah baru di depan mata dan mendesak bagi klub.

Sampai saat ini, Barcelona dan Lionel Messi belum mengesahkan kontrak profesional yang baru karena belum ada tanda tangan. Messi pun belum didaftarkan sebagai pemain Barcelona untuk La Liga musim 2021/2022.

Seperti dikutip dari Football Espana, Lionel Messi bahkan mungkin tidak akan terdaftar di La Liga pada paruh pertama musim 2021/2022. Messi baru bisa didaftarkan pada Januari 2022 atau paruh kedua musim ini.

Barcelona tengah dalam krisis keuangan. Blaugrana akan kesulitan memenuhi persyaratan finansial untuk mendaftarkan Messi di La Liga. Walau disebut bersedia memotong gajinya sampai 50 persen, gaji Lionel Messi masih sangat besar dan menyulitkan bagi Barcelona.

2 dari 3 halaman

Sulit Menjual Pemain

FOTO: Lionel Messi Borong 2 Gol, Barcelona Bungkam Valencia
Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann, melakukan selebrasi bersama Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Valencia pada laga Liga Spanyol di Stadion Mestalla, Minggu (2/5/2021). Barcelona menang dengan skor 2-3. (AP Photo/Alberto Saiz)

Saat ini Barcelona berjuang keras untuk bisa menyeimbangkan keuangan mereka sehingga bisa mendaftarkan Lionel Messi. Satu cara yang ditempuh adalah dengan menjual pemain bintangnya. Namun, skema ini berjalan sangat lambat.

Antoine Griezmann, Philippe Coutinho, Neto, Miralem Pjanic, dan Samuel Umtiti yang masuk daftar jual belum laku di bursa transfer. Secara finansial, para pemain tersebut memberikan beban yang berat bagi Barcelona.

Blaugrana masih punya waktu untuk bisa mengubah situasi dan mendaftarkan Messi ke La Liga. Batas akhir pendaftaran pemain musim 2021/2022 adalah 31 Agustus. Jika gagal, mungkin situasi buruk akan terjadi di Barcelona.

Rencana utama Lionel Messi sudah sangat jelas. Messi akan bertahan lebih lama lagi di Barcelona. Namun, dengan krisis finansial dan kemungkinan kegagalan klub mendaftarkannya ke La Liga, segalanya bisa terjadi bagi Messi.

Jika gagal didaftarkan dan harus menunggu hingga Januari 2022 untuk bisa bermain lagi, Messi akan dalam situasi yang sulit. Pemain berusia 33 tahun itu harus menunggu hingga lima bulan untuk bermain secara kompetitif.

Sumber: ESPN via Football Espana

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 24/7/2021)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓