Sukses


Prediksi Starting XI Barcelona Musim Ini: Duet La Masia di Pusat Pertahanan, Duo Argentina di Lini Serang

Bola.com, Jakarta - Barcelona dilanda situasi sulit jelang musim 2021/2022. Namun, meski punya masalah finansial yang akut, Barcelona punya skuad yang kompetitif untuk bersaing mendapatkan gelar juara La Liga yang gagal mereka raih dalam dua musim terakhir.

Krisis finansial Barcelona sudah terjadi sejak 2020. Pandemi COVID-19 hanya membuat situasi makin sulit bagi klub Catalan itu. Namun, Barcelona melakukan aksi brilian di bursa transfer musim panas ini.

Barcelona mendapatkan tambahan pemain tanpa harus membayar mahar transfer. Ada tiga pemain penting datang dengan status bebas transfer, yaitu Memphis Depay, Sergio Aguero, dan Eric Garcia.

Sebenarnya ada satu lagi, yaitu Georginio Wijnaldum. Namun, Paris Saint-Germain (PSG) merebutnya dari incaran Barcelona.

Kini Ronald Koeman punya sejumlah pemain yang bisa diandalkan untuk masuk dalam rencananya di Barcelona pada musim 2021/2022 dan berupaya kembali ke jalur juara La Liga atau pun Liga Champions. Siapa saja pemain yang bakal menghiasi komposisi tim utamanya?

Video

2 dari 13 halaman

Kiper - Marc-Andre ter Stegen

Marc-Andre ter Stegen, selain Lionel Messi, menjadi pemain yang tidak tersentuh di skuad Barcelona dalam beberapa musim terakhir.

Kiper asal Jerman itu tampil sangat konsisten dan layak mendapatkan apresiasi yang besar.

Pada musim 2021/2022, Ter Stegen akan tetap menjadi andalan di bawah mistar gawang Barcelona.

Walau baru saja menjalani operasi untuk pemulihan cedera, Ter Stegen diprediksi bakal menjadi pilihan utama Ronald Koeman ketika kondisinya 100 persen bugar.

3 dari 13 halaman

Bek Kanan - Sergino Dest

Musim pertama Sergino Dest bersama Barcelona berjalan sangat mulus. Dest sempat kesulitan pada awalnya, tapi kemudian mampu beradaptasi dengan baik.

Dest tampaknya bakal menjadi andalan untuk posisi bek kanan, menggeser Sergi Roberto.

Dest punya banyak kelebihan, terutama saat membantu proses penyerangan. Dest juga bisa bermain untuk banyak peran dalam formasi berbeda.

Dest bisa menjadi andalan ketika Ronald Koeman memakai formasi 3-4-3 atau 3-5-2. Dest bisa bermain sebagai wingback kanan.

4 dari 13 halaman

Bek Tengah - Eric Garcia

Performa Clement Lenglet tidak cukup memuaskan pada musim 2020/2021. Dia diprediksi bakal kehilangan posisi di starting XI Barcelona. Sebagai gantinya, sudah ada pemain baru, yakni Eric Garcia.

Bek berusia 20 tahun itu sudah diidamkan Ronald Koeman sejak musim lalu. Fakta itu menjadi tanda bahwa Eric Garcia akan langsung menjadi pilihan utama. Walau performanya di Manchester City diragukan, dia tampil bagus bersama Spanyol di Euro 2020.

5 dari 13 halaman

Bek Tengah - Gerard Pique

Gerard Pique kini sudah berusia 34 tahun. Musim lalu ia tidak mampu berbuat banyak ketika harus meladeni kecepatan Kylian Mbappe saat Barcelona menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions.

Namun, hingga saat ini Gerard Pique masih menjadi bek tengah terbaik yang dimiliki oleh Barcelona.

Pique punya kemampuan build-up yang bagus. Pique juga kuat dalam duel satu lawan satu. Pique punya pengalaman yang dibutuhkan Barcelona.

Soal kecepatan, ada Eric Garcia yang bakal membantu Pique ketika berjumpa pemain muda nan cepat seperti Mbappe.

Satu hal yang menarik, Gerard Pique dan Eric Garcia akan membentuk duet La Masia di jantung pertahanan Barcelona.

6 dari 13 halaman

Bek Kiri - Jordi Alba

Barcelona membeli Emerson Royal yang berposisi sebagai bek kiri. Namun, nasibnya diprediksi akan lebih sering duduk di bangku cadangan Blaugrana.

Jordi Alba masih akan menjadi andalan Ronald Koeman untuk posisi bek kiri.

Jika dalam kondisi fisik yang bagus, Jordi Alba adalah pilihan utama. Alba punya kemampuan menyerang yang bagus. Satu nilai plus dari eks Valencia ini adalah punya koneksi istimewa dengan Lionel Messi.

Mereka bisa bertukar umpan dengan cara yang sulit ditebak oleh lawan.

7 dari 13 halaman

Gelandang - Sergio Busquets

Sergio Busquets dirumorkan bakal didepak Ronald Koeman pada musim 2020/2021. Namun, Sergio Busquets bekerja keras untuk bisa beradaptasi.

Sergio Busquets pun tampil gemilang secara individu maupun sebagai bagian dari tim.

Busquets memang tidak punya daya jelajah sebaik beberapa tahun lalu. Namun, cara Busquets membaca permainan dan melakukan distribusi bola masih belum bisa ditandingi pemain lain di Barcelona.

Sergio Busquets sangat mungkin akan kembali berada di starting XI Barcelona.

8 dari 13 halaman

Gelandang - Frenkie De Jong

Setelah menjalani musim pertama yang sulit, Frenkie De Jong bersinar di bawah asuhan Ronald Koeman pada musim lalu. De Jong sukses mendapatkan peran yang memang ia inginkan dan lebih banyak terlibat dalam permainan.

Frenkie De Jong punya keseimbangan yang baik sebagai gelandang. Dia bisa bergerak di antara bek dan lini tengah. Namun, dia juga bisa muncul di kotak penalti dan mencetak gol. De Jong membuat lini tengah Barcelona lebih bertenaga.

9 dari 13 halaman

Gelandang - Pedri

Pedri mungkin akan absen dalam laga-laga awal musim nanti. Dia menjalani musim panas yang sibuk. Setelah musim 2020/2021 berakhir, Pedri harus bertempur di Euro 2020 dan kemudian terbang ke Jepang untuk berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

Pedri, ketika berada dalam kondisi yang bugar, selalu akan mendapatkan satu tempat di starting XI Barcelona. Pemain berusia 18 tahun itu terbukti menjadi andalan Ronald Koeman pada musim lalu. Pedri bahkan mampu menggusur pemain senior seperti Miralem Pjanic.

10 dari 13 halaman

Penyerang Kanan - Lionel Messi

Lionel Messi memang belum resmi menjadi bagian dari skuad Barcelona pada musim 2021/2022 ini. Namun, ketika segala masalah beres dan dia resmi meneken kontrak, maka satu tempat di starting XI Barcelona bakal menjadi miliknya.

Lionel Messi dan Ronald Koeman saling beradaptasi dengan baik pada musim 2020/2021. Messi mulai nyaman dengan cara bermain yang diinginkan Ronald Koeman, begitu pun sebaliknya. Messi bakal tetap menjadi pemain terpenting di Barcelona.

11 dari 13 halaman

Penyerang Tengah - Sergio Aguero

Sergio Aguero diprediksi akan langsung mendapatkan tempat di starting XI Barcelona pada musim 2021/2022. Dia memang tidak cukup bugar bersama Manchester City pada musim 2020/2021, tapi Aguero belum habis.

Sergio Aguero memiliki koneksi yang bagus dengan Lionel Messi. Mereka bermain bersama sejak tim nasional kelompok usia Argentina. Kini kolaborasi Messi dan Aguero akan menjadi tumpuan lini depan Barcelona.

12 dari 13 halaman

Penyerang Kiri - Memphis Depay

Memphis Depay punya kemampuan memainkan dua peran di lini depan, penyerang tengah dan kiri. Pada formasi 4-3-3, maka peran sebagai penyerang kiri adalah yang paling ideal untuk pemain asal Belanda. Dia punya kemampuan yang sangat bagus.

Namun, Memphis Depay juga bisa menjadi duet bagi Sergio Aguero dalam formasi 4-3-1-2, dengan Lionel Messi bergerak dari sisi tengah dan berada di belakang dua penyerang. Opsi ini bisa menjadi pilihan yang menjanjikan.

Trio MMA, Messi, Memphis, dan Aguero, bisa membuat lini depan Barcelona tampak tajam pada musim 2021/2022 ini.

 

13 dari 13 halaman

Pilihan untuk Supersub

Selain nama yang menempati starting XI di atas, Ronald Koeman masih punya banyak opsi di bangku cadangan. Neto bisa menjadi pelapis yang cukup sepadan untuk Ter Stegen di bawah mistar gawang Barcelona.

Sementara di lini belakang, Clement Lenglet bukan hanya menjadi bek ketiga, tapi juga bisa menjadi pilihan bagus untuk formasi tiga bek bagi Ronald Koeman.

Sementara Sergi Roberto dan Emerson Royal bisa menjadi andalan di posisi bek sayap.

Beranjak ke tengah, masih ada nama Ilaix Moriba. Jika tidak meninggalkan Camp Nou, dia bisa menjadi pemain yang mengubah keadaan dari bangku cadangan. Lalu masih ada Riqui Puig yang punya semangat tinggi. Jangan lupa, ada nama Miralem Pjanic.

Sementara di lini serang, Ronald Koeman punya banyak opsi. Ansu Fati sudah sembuh dari cedera. Lalu masih ada Rey Manaj yang tampil bagus di sesi pramusim. Antoine Griezmann dan Martin Braithwaite juga tidak bisa dilupakan begitu saja.

Disadur dari: Bola.com (Asad Arifin, published 29/7/2021)

 

Video Populer

Foto Populer