Sukses


Pilih Tanah Kelahirannya, Wonderkid Barcelona Tinggalkan Timnas Spanyol

Bola.com, Barcelona - Gelandang Barcelona, Ilaix Moriba telah meninggalkan Spanyol untuk berkomitmenĀ dengan TimnasĀ Guinea.

Media Spanyol, AS melaporkan, Ilaix menyerah akan masa depannya di Timnas Spanyol dan akan bermain untuk negara kelahirannya, Republik Guinea.

Ayahnya telah bertemu dengan perwakilan dari negara itu dan mereka mengambil keputusan itu.

Ilaix, lahir di Conakry pada 19 Januari 2003, tiba di Spanyol sebagai seorang anak dan memperoleh kewarganegaraan Spanyol.

Lahir dari ayah Liberia dan ibu Guinea, dia diharapkan bermain untuk Spanyol, bahkan mungkin segera setelah musim ini, mengingat dia tampil untuk Barcelona musim lalu dan Luis Enrique mungkin memberinya kesempatan.

Moriba sudah memperkuat Timnas Spanyol U-17. Setelah resmi memili Guine, Moriba berharap segera mewakili negara kelahirannya.

Ilaix Moriba mencuri perhatian pada musim lalu. Dia diorbitkan pelatih Barcelona, Ronald Koeman, ke tim utama dan memperlihatkan performa yang cukup memuaskan.

Penampilan pemain berusia 18 tahun itu mulai dilirik tim-tim papan atas Eropa. Manchester United menjadi satu di antara tim yang dirumorkan tertarik menggunakan jasanya.

2 dari 4 halaman

Masa Depan di Barcelona Suram?

Ilaix Moriba sampai saat ini belum menentukan masa depannya di Barcelona. PresidenĀ Barcelona, Joan Laporta menyatakan kekecewaannya terhadap Ilaix Moriba karena pembicaraan mengenai kesepakatan baru gagal membuahkan hasil.

Pemain berusia 18 tahun itu diturunkan kembali ke tim B. Kedua belah pihak gagal menemui kesepakatan. Kontrak sang wonderkid akan berakhir dalam waktu kurang dari 12 bulan.

Tuntutan upah tinggi Moriba dianggap menghambat negosiasi, dan Laporta telah menegaskan bahwa Blaugrana tidak akan membiarkan anak muda itu pergi secara gratis tahun depan.

"Kami akan mencoba agar kasus ini tidak terulang. Dia memiliki satu tahun tersisa dan tidak ingin memperbarui. Ini adalah situasi yang tidak kami terima dan kami harus bertindak," katanya.

ā€œDia pemain hebat. Jika dia tidak memperbarui, dia tahu dia akan memiliki solusi lain. Kami tidak ingin pemain, yang kamiĀ besarkan sendiriĀ tidak ingin memperbarui kontrak dengan satu tahun tersisa," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Ketegasan Barcelona

Moriba mencetak satu gol dan membuat tiga assist dalam 14 pertandingan La Liga untukĀ BarcelonaĀ musim lalu, dan dia dianggap masuk radar Manchester City, Man. United, dan Chelsea.

"Siapa pun yang ingin pergi bebas melakukannya, tetapi dengan beberapa syarat. Sayangnya, begitulah," kata Llporta.

ā€œDia telah diberi kesempatan, tetapi Barcelona di atas segalanya dan mereka tidak dapat melakukan langkah seperti ini pada kami. Saya harap situasinya dapat pulih. Saya merasa sedih karena dia tidak menyadari apa yang telah kami lakukan untuknya. Kami tidak akan membiarkan dia pergi secara gratis," tegas Llaporta.

Sumber: AS via Tribal Football, Sports Mole

4 dari 4 halaman

Posisi Barcelona di Pekan Kedua

Video Populer

Foto Populer