Sukses


Liga Spanyol: Tanpa Lionel Messi, Barcelona Tidak Bisa Jadi yang Terbaik di Dunia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, tidak membantah dan mengakui bahwa Blaugrana sekarang tidak siap untuk menjadi tim terbaik di dunia. Apalagi kini Barcelona sudah tidak memiliki Lionel Messi.

Barcelona mengalami perubahan besar pada musim panas ini. Belasan tahun Lionel Messi menjadi nyawa permainan Barcelona, tapi kini sang pemain harus pergi dan bergabung bersama klub kaya raya Prancis, Paris Saint-Germain (PSG).

Barcelona juga tidak bisa mendatangkan pemain bintang lain sebagai ganti Lionel Messi. Blaugrana sedang kesulitan finansial, bahkan sampai harus memotong gaji pemain.

Ronald Koeman tahu bagaimana suporter mengkritik klub karena penjualan Lionel Messi. Mereka makin marah setelah tahu Barcelona tak bisa mendatangkan pemain bintang lagi.

 

 

2 dari 4 halaman

Memahami Situasi Klub

Meski mengetahui betapa kesalnya para penggemar Barcelona, Ronald Koeman menegaskan bahwa pihak klub sudah bekerja sebaik mungkin.

Kondisinya memang sulit bagi Barcelona. Bahkan lepasnya Lionel Messi dari Barcelona karena adanya aturan salary cap di La Liga Spanyol.

"Saya memahami apa yang dirasakan mereka yang mencintai klub ini. Namun, situasi ekonominya sulit," ujar Ronald Koeman kepada SPORT.

"Situasi ini membuat frustrasi. Namun, Anda harus realistis. Bicara keuangan, kami tidak bisa bersaing dengan Paris, City, dan United. Itu jelas dan kami harus menerimanya," lanjutnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Tidak Mungkin Jadi yang Terbaik

Sejauh ini Ronald Koeman mengatasi kepergian Lionel Messi dari Barcelona dengan sangat baik. Dia mengandalkan para pemain-pemain muda yang tampak makin matang.

"Kami ingin berada di level tertinggi dan kami harus memiliki mentalitas juara. Namun, kami tidak bisa berharap jadi yang terbaik di dunia," ujar Ronald Koeman.

"Kami kehilangan pemain terbaik di dunia dan saya tegaskan bahwa kami harus realistis. Kami tidak bisa memasang target yang biasa, sebab timnya berbeda," lanjutnya.

Singkatnya, Ronald Koeman meminta para penggemar Barcelona lebih bersabar. Mereka tengah membangun sesuatu yang besar dan itu butuh waktu.

"Kami membangun tim dengan masa depan luar biasa, tapi Anda harus bertahan," ujar Koeman.

Sumber: SPORT

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 29/8/2021)

4 dari 4 halaman

Posisi Barcelona Saat Ini

Video Populer

Foto Populer