Liga Spanyol: Deal! Antoine Griezmann CLBK dengan Atletico Madrid

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 01 Sep 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 01 Sep 2021, 14:53 WIB
FOTO: Dosa-dosa Josep Maria Bartomeu sebelum Terkuaknya Skandal Barcagate di Barcelona - Antoine Griezmann
Pemain bintang yang menjadi bintang di klub lamanya juga gagal bersinar usai didatangkan ke Camp Nou, seperti Antoine Griezmann yang memukau bersama Atletico Madrid. (AFP/Cristina Quicler)

Bola.com, Madrid - Atletico Madrid resmi membawa pulang striker asal Prancis, Antoine Griezmann, dari Barcelona. Griezmann dipulangkan oleh Atleti dengan status pinjamn selama satu tahun dan opsi perpanjangan masa pinjaman satu tahun lagi.

Setelah masa-masa yang kurang menyenangkan di Barcelona, Antoine Griezmann akhirnya diboyong pulang kembali oleh klub lamanya, Atletico Madrid.

"Antoine Griezmann kembali ke Atletico Madrid setelah klub kami dan Barcelona mencapai kesepakatan peminjaman selama satu tahun dengan opsi memperpanjangnya satu tahun lagi, yang bisa diperbarui kembali oleh kedua belah pihak," tulis Atletico Madrid dalam situs resminya.

"Griezmann adalah pencetak gol terbanyak kelima klub kami dengan torehan 133 gol dalam 257 penampilan. Ia juga telah mencatatkan 50 assist. Beberapa golnya dikenang, termasuk yang tercipta di Wanda Metropolitano kala menghadapi Malaga, dua gol menghadapi Marseille pada final Liga Europa 2018, hattrick ke gawang Athletic Bilbao dan Sevilla, dan empat gol yang dicetaknya ke gawang Leganes," lanjut pernyataan tersebut.

Antoine Griezmann sebelumnya memang merupakan pemain yang sudah membela Atletico Madrid sejak musim 2014/2015. Dalam 257 penampilan bersama Atletico Madrid itu, Griezmann sudah pernah menjuarai Piala Super Spanyol, Liga Europa dan Piala Super Eropa.

Antoine Griezmann juga menjadi peringkat ketiga dalam persaingan merebut Ballon d'Or 2018, di mana pada tahun yang sama ia menjuarai Piala Dunia bersama Timnas Prancis.

2 dari 4 halaman

Gaji Jadi Tanggungan Atletico Madrid

5 Penyerang Terganas Atletico Madrid Sebelum Luis Suarez
4. Antoine Griezmann - Pemain asal Prancis ini tercatat menjadi pencetak gol terbanyak Atletico Madrid dengan koleksi 133 gol dari 257 penampilan. Griezmann ikut mengantarkan Ateltico Madrid meraih Piala Super Spanyol 2014, Liga Euopa 2017/2018 dan Piala Super Eropa 2018. (AP Photo/Manu Fernandez)

Meski hanya berstatus pinjaman, Antoine Griezmann sepenuhnya menjadi tanggung jawab Atletico Madrid. Klub ibu kota Spanyol itu yang akan menanggung pembayaran gaji Griezmann selama periode peminjaman ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Barcelona dalam situs resminya saat mengumumkan peminjaman Griezmann ke Atletico Madrid.

"Barcelona dan Atletico Madrid telah mencapai kesepakatan untuk peminjaman Antoine Griezmann selama satu musim dengan opsi perpanjangan satu musim lagi. Klub asal Madrid itu akan membayar gaji sang pemain dan ada kewajiban untuk klausul transfer permanen," tulis Barcelona.

Antoine Griezmann tercatat sudah bermain sebanyak 102 penampilan bersama Barcelona sejak datang pada 2019. 74 penampilan di antaranya didapatkan di La Liga, 16 lainnya di Liga Champions, dan 9 lainnya di Copa del Rey.

3 dari 4 halaman

Semua Pergi di Bawah Asuhan Ronald Koeman

Foto: Memphis Depay Cetak Gol Debut, Barcelona Hajar Girona
Pada laga tersebut anak asuh Ronald Koeman menang meyakinkan dengan skor 3-1. (Foto: AFP/Pau Barrena)

Ada satu fakta menarik setelah Antoine Griezmann pergi ke Atletico Madrid sebagai pemain pinjaman. Hal itu bisa ditarik jauh ke awal musim 2019/2020, di mana Griezmann baru saja tiba di Camp Nou dan akan menjadi pengganti Neymar untuk berkolaborasi bersama Luis Suarez dan Lionel Messi.

Namun, pada awal musim 2020/2021, Barcelona justru melepas Luis Suarez saat mendatangkan Ronald Koeman sebagai pelatih baru. Drama pelepasan Suarez begitu besar hingga akhirnya striker asal Uruguay itu bergabung bersama Atletico Madrid dan membawa timnya menjuarai La Liga Spanyol pada musim pertamanya itu.

Satu tahun setelah kepergian Luis Suarez, giliran Lionel Messi dan Antoine Griezmann yang pergi dari Camp Nou. Lionel Messi pergi lebih dulu karena gagal mendapatkan kontrak baru dari Barcelona setelah aturan salary cap di La Liga menjadi penghalang.

Kini giliran Griezmann yang akhirnya menyusul untuk pergi. Bahkan Griezmann akan bekerja sama lagi dengan Luis Suarez di Atletico Madrid.

Sumber: Atletico Madrid, Barcelona

4 dari 4 halaman

Persaingan di Liga Spanyol

Lanjutkan Membaca ↓