VIDEO Bursa Transfer: Barcelona Resmi Perkenalkan Luuk de Jong

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 10 Sep 2021, 14:50 WIB
Diperbarui 10 Sep 2021, 14:50 WIB

Bola.com, Barcelona Luuk de Jong secara resmi diperkenalkan sebagai pemain Barcelona pada hari Kamis (9/9/2021) di Camp Nou.

De Jong dikontrak selama satu musim serta opsi membeli pada 2022. Pemain 31 tahun ini didatangkan dari Sevilla sebelum deadline bursa transfer.

Barca akan membayar gaji striker penuh dan Ronald Koeman adalah sangat senang untuk menambahkan Belanda untuk skuadnya.

Datangnya de Jong ke Barcelona merupakan pengganti Antoine Griezmann yang kembali ke Atletico Madrid dengan status pinjaman. 

Di Barcelona, Luuk de Jong akan satu tim dengan dua teman senegaranya, yaitu Frenkie de Jong dan Memphis Depay.

De Jong akan memakai nomor punggung 17 dan berpotensi debut di pertandingan pembuka Liga Champions melawan Bayern Munchen minggu depan.

Musim lalu, striker idaman Ronald Koeman ini justru hanya mencetak 4 gol dari 34 pertandingan bersama Sevilla. Tentunya ini menjadi salah satu pertanyaan besar untuk Roenald Koeman mengapa lebih memilih Luuk de Jong.

Ronald Koeman dan Luuk de Jong memang sudah pernah bekerja sama di Timnas Belanda, tepatnya ketika Koeman menjadi pelatih pada 2018 hingga 2020.

Ketika bermain di Timnas Belanda, Luuk de Jong bermain sebagai penyerang tengah atau second striker. Artinya peran inilah yang kemungkinan akan dipikul De Jong untuk Barcelona nanti.

Saat ini Barcelona sudah punya cukup banyak penyerang. Ada Ansu Fati yang bakal segera pulih, ada Sergio Aguero, Ousmane Dembele, Memphis Depay, Martin Braithwaite, dan Yusuf Demir.

Jika melihat permainan Barcelona pada awal musim ini, Depay akan menjadi tumpuan di lini serang. Artinya De Jong mungkin akan berpasangan dengan Memphis Depay.

Luuk de Jong memang menjadi pemain yang terbilang berpengalaman di Liga Spanyol. Musim ini, ia akan berseragam Barcelona dan berharap meraih sukses di sana.

*Editing Video dan Naskah: Muhammad Zukhruf Tamzidillah (UMN)