Sukses


Liga Spanyol : Satu Bintang Kecil yang Terang di Tengah Keterpurukan Barcelona

Bola.com, Jakarta - Barcelona sedang berada di fase tak mengenakkan. Mereka merasakan dua kekalahan beruntun, yakni kontra Benfica di pentas Liga Champions dan versus Atletico Madrid pada liga domestik, akhir pekan lalu.

Tak pelak, Ronald Koeman sudah merasakan kursi panas sebagai pelatih Barcelona. Bukan hanya itu, beberapa unggahan warganet juga mulai menunjuk para pemain yang gagal tampil bagus di lapangan.

Namun, di antara fase keterpurukan, para penggemar Barcelona masih bisa tersenyum lebar. Penyebabnya adalah keberadaan Gavi. Yup, gara-gara satu orang ini, asa Barcelonistas tetap tinggi, bukan dari hasil melainkan masa depan skuad.

Nama Gavi mencuat terang pada sepekan terakhir, terutama setelah Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique memanggilnya. Gavi punya kans merasakan kostum timnas senior tengah pekan ini, ketika Tim Matador bersua Italia pada semifinal UEFA Nations League.

 

2 dari 3 halaman

Bintang Baru

Sosok Gavi menjadi bintang baru bagi Barcelona sepanjang awal musim ini. Ia tak menonjol dari sisi mencetak gol, namun lebih ke corak permainan. Beberapa media di Spanyol menyebut Gavi adalah tipikal playmaker masa depan, plus menyamakannya dengan Xavi serta Thiago Alcantara.

Gavi menjadi bumbu manis perbincangan kalangan pers di Spanyol setelah melesat bak meteor. Marca menyebut, Gavi seolah masuk kelas akselerasi, karena bisa meloncar level timnas U-16 ke pentas senior.

Alumni La Masia ini naik pangkat setelah Ronald Koeman mengambilkan dari kelas junior. Secara penampilan, mantan pemain muda Real Betis ini mengikuti jejak pemain muda lain Barcelona, Pedri.

Satu yang menarik atensi adalah rencana apa yang sudah dicetak Luis Enrique untuk Gavi. Gosip terhangat, Gavi akan mengenakan jersey bernomor punggung 9, dan kans besar punya role 9.

 

3 dari 3 halaman

Role 9

Jika benar berada di role 9, hal itu akan berbeda dengan apa yang dilakukan Gavi selama berkostum Barcelona. Pemain yang lahir pada 5 Agustus ini terbiasa beroperasi sebagai gelandang, bahkan sesekali berperan di area playmaker.

Oleh karena itu, andai berposisi sebagai gelandang, Gavi akan berpartner dengan dua pemain senior, yakni Koke dan Sergio Busquets. Satu yang pasti, bintang muda Barcelona ini akan mencatat rekor jika Luis Enrique menurunkannya ketika bersua Italia.

Statistik menunjukkan, jika Gavi turun, ia akan menjadi debutan termuda sepanjang sejarah Timnas Spanyol. Lusa, ia akan berusia 17 tahun dan 64 hari. "Saya sangat paham Gavi, karena sudah mengenalnya bertahun-tahun. Saya tak ragu dengan penampilannya," tegas Luis Enrique.

Gara-gara penampilan menawan Gavi, Barcelona bergerak cepat. Raksasa Liga Spanyol ini sudah bersiap memberikan paket penawaran perpanjangan kontrak. Saat ini, Gavi punya perjanjian nilai penjualan di angka 50 juta euro.

Sumber : Marca, El Mundo

Video Populer

Foto Populer