Sukses


Liga Spanyol: Barcelona Masih Utang Transfer ke 3 Klub, Nominalnya Rp1,9 Triliun

Bola.com, Barcelona - Kondisi finansial Barcelona benar-benar buruk. Terungkap, Barca masih punya utang biaya transfer yang besar ke tiga klub berbeda.  

Pada musim panas 2021, Lionel Messi menyudahi petualangan selama 21 tahun di Camp Nou setelah kontraknya habis. Barcelona tak mampu memperbarui kontraknya karena gaji Messi sangat tinggi. 

Messi menawarkan gajinya dipotong 50 persen supaya tetap bisa di Camp Nou. Namun, kesepakatan itu terganjal aturan soal finansial di La Liga. Barca juga tetap tak mampu memperpanjang kontraknya.  

Antonie Griezmann juga termasuk barisan pemain yang harus pergi pada musim panas 2021, sedangkan beberapa pemain lain dipangkas gajinya. 

Kebijakan pemotongan gaji tampaknya akan berlanjut. Media Spanyol, Marca, Selasa (5/10/2021), mengungkap Barcelona masih berutang 98 juta pounds atau sekitar Rp1,9 triliun untuk pembelian pemain yang diselesaikan dalam empat tahun.  

2 dari 4 halaman

Utang Transfer 4 Pemain

Barca berutang ke Ajax Amsterdam senilai 40,8 juta pounds (Rp791,1 miliar) untuk perekrutan Frenkie de Jong (27,2 juta pounds atau Rp527,4 miliar) and Sergino Dest (13,6 juta pounds atau Rp263,7 miliar).

Blaugrana juga masih berutang 11 juta pounds (Rp213,3 miliar) ke Liverpool untuk pembelian Philippe Coutinho pada 2017. Padahal, Coutinho bisa dibilang terpuruk di Camp Nou meskipun mendapat gaji yang besar. 

Barcelona juga masih harus membayar ke Juventus, yang nominalnya besar senilai 33,2 juta pounds (Rp643,8 miliar) untuk pembelian Miralem Pjanic. Ironisnya Pjanic hanya enam kali menjadi starter pada musim lalu dan kini dipinjamkan ke Besiktas. 

 

3 dari 4 halaman

Ronald Koeman Tertekan

Di luar lapangan, Barcelona berada dalam masalah. Kondisinya jauh dari baik-baik saja. 

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, baru-baru ini mendapat banyak tekanan karena penampilan timnya yang tidak meyakinkan. Mereka keok 0-3 dari Bayern Munchen dan Benfica di Liga Champions, dan akhir pekan lalu takluk dari Atletico Madrid di Liga Spanyol. 

Suporter mulai gerah dan dikabarkan mendesak Ronald Koeman segera dipecat dari Barcelona. 

Sumber: Marca 

 

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Barcelona

Video Populer

Foto Populer