Sukses


Liga Spanyol: Memecat Ronald Koeman Bikin Barcelona Merugi Rp330 Miliar

Bola.com, Jakarta - Pekan lalu, perubahan situasi drastis di Barcelona mengundang tanda tanya besar. Mengapa Joan Laporta tiba-tiba memberikan dukungan penuh kepada Ronald Koeman?

Perubahan besar ini terjadi tiba-tiba sebelum duel tandang Barcelona ke markas Atletico Madrid, Minggu (3/10). Laporta bicara kepada sejumlah jurnalis dan memastikan bahwa Koeman tidak akan dipecat dalam waktu dekat.

Setelahnya giliran Koeman yang bicara di media. Dia menegaskan bahwa pelatih memang membutuhkan kejelasan dan dukungan penuh dari klub untuk dapat bekerja maksimal.

Komentar Laporta dan Koeman inilah yang dianggap mengejutkan. Sebab, sekitar dua pekan sebelumnya, isu pemecatan Koeman terus menguat dan kabarnya Laporta sudah mencari pelatih pengganti.

Menariknya, kini teruangkap alasan Laporta di balik dukungan tiba-tiba terhadap Koeman. Analis La Liga, Semra Hunter, meyakini bahwa ada alasan finansial di balik keputusan tersebut. Barca harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk memecat Koeman.

"Koeman masih jadi manajer dan sebagian besar itu terjadi karena Laporta mempertimbangkan pengeluaran uang untuk memecat dia atau tidak, dan soal menemukan pengganti yang tepat," ujar Hunter di Sky Sports.

"Menurut laporan yang beredar, memecat Ronald Koeman berarti harus memberikan pesangon 12 juta euro."

2 dari 4 halaman

Bayar kembali

Bukan hanya pesangon 12 juta euro, Barca juga harus membayar kembali uang yang dikeluarkan Koeman untuk memaksakan kepindahannya ke Barcelona lalu. Saat itu Koeman masih bekerja sebagai pelatih Belanda.

"Selain itu, ada laporan lain bahwa jika Koeman tidak menyelesaikan musim ketiga, Barca harus membayarnya 6 juta euro yang dikeluarkan Koeman untuk membayar federasi sepak bola belanda dalam memutuskan kontrak lalu," sambung Hunter.

"Jadi pemecatan Koeman akan membuat Barca mengeluarkan 18-20 juta euro, itu jumlah uang yang sangat besar untuk Barcelona dalam kondisi sekarang."

 

3 dari 4 halaman

Siapa Penggantinya?

Selain itu, Hunter juga menegaskan bahwa ada faktor lain yang dipertimbangkan Laporta. Selain uang, Laporta tidak bisa memecat Koeman karena belum menemukan pengganti.

"Mereka harus mengambil keputusan untuk menyingkirkan dia [Koeman], tapi itu akan ditentukan oleh kemampuan Laporta menemukan pengganti," pungkasnya.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 7/10/2021)

4 dari 4 halaman

Posisi Barcelona saat Ini

Video Populer

Foto Populer