Sukses


Jordi Alba Memasuki Usia Senja, 6 Pemain Ini Bisa Gantikan Perannya di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Jordi Alba merupakan pemain kunci Barcelona di lini pertahanan yang kerap memberikan kontribusi besar saat membantu serangan. Jordi Alba telah memperkuat Blaugrana sejak 2012 dan kini sudah memasuki usia senja.

Jordi Alba sebenarnya adalah didikan akademi Barcelona. Namun, ia justru memulai kariernya dan berkembang bersama Valencia hingga akhirnya dipulangkan oleh Barcelona ke Camp Nou pada 2012.

Sejak saat itu, Jordi Alba sulit tergantikan di sisi kiri pertahanan Barcelona. Kepiawaiannya mengawal pemain lawan yang berada di sisi sayap, hingga kecepatan dan akselerasinya yang luar biasa ketika membantu serangan dari sisi sayap, menjadi keunggulan pemain asal Spanyol itu.

Namun, usia Jordi Alba kini sudah menginjak 32 tahun. Artinya Barcelona perlu mencari sosok penerusnya untuk mengawal sisi sayap pertahanan.

Barcelona pun mulai melihat-lihat potensi pemain-pemain yang berposisi sebagai bek sayap kiri di sejumlah klub lain. Berikut enam bek kiri yang bisa menggantikan posisi Jordi Alba di Barcelona.

2 dari 7 halaman

Jose Gaya

Jose Gaya merupakan pemain jebolan akademi Valencia. Dia sekarang menjadi pemain reguler di Mestalla dan dipercaya sebagai kapten klub.

Gaya berhasil tampil impresif bersama Valencia sejauh ini. Selain memiliki kemampuan bertahan yang cukup baik, Gaya juga rajin untuk membantu serangan.

Sampai sejauh ini, Gaya sudah memainkan 266 pertandingan bersama Los Che. Dia berhasil mencetak tujuh gol dan 31 assist dari jumlah penampilannya itu.

 

3 dari 7 halaman

Alejandro Grimaldo

Alejandro Grimaldo adalah pemain jebolan akademi La Masia. Namun, dia tidak pernah mendapat kesempatan bermain di tim utama Barcelona.

Setelah kontraknya bersama Barcelona habis, Grimaldo bergabung dengan Benfica pada 2015. Kariernya kemudian berkembang pesat di Portugal.

Sejauh ini, Grimaldo sudah mencetak 14 gol dan 43 assist dalam 216 penampilan bersama Benfica. Kontraknya bersama As Aguias akan habis pada 2023.

 

4 dari 7 halaman

Marc Cucurella

Marc Cucurella pernah menimba ilmu di akademi Barcelona. Namun, pemain berusia 23 tahun tersebut kesulitan mendapat tempat di tim utama Barcelona.

Cucurella sempat dipinjamkan ke Eibar dan Getafe. Namun, dia akhirnya dilepas secara permanen ke Getafe pada 2020.

Bersama Getafe, Cucurella mendapat kesempatan bermain reguler. Bek sayap kiri Spanyol itu akhirnya pindah ke klub Inggris, Brighton & Hove Albion pada musim ini.

 

5 dari 7 halaman

Juan Miranda

Juan Miranda cuma bermain empat kali di tim utama Barcelona. Bek kiri asal Spanyol tersebut sempat dipinjamkan ke Schalke dan Real Betis.

Betis sangat puas dengan performa Miranda pada musim lalu. Kub asuhan Manuel Pellegrini tersebut pada akhirnya memutuskan untuk mempermanen status sang pemain.

Bersama Betis, Miranda sudah mencatatkan 31 penampilan di semua kompetisi. Pemain berusia 21 tahun itu berhasil menyumbang tiga gol dan dua assist dari penampilannya tersebut.

 

6 dari 7 halaman

Robin Gosens

Robin Gosens memulai kariernya bersama klub Belanda, Vitesse. Dia sempat memperkuat Dordrecht dan Heracles Almelo sebelum berlabuh di Atalanta pada 2017.

Gosens sangat cocok dengan gaya permainan menyerang Atalanta. Bermain di bawah asuhan Gian Piero Gasperini, Gosens berkembang menjadi satu di antara bek sayap terbaik di Serie A.

Gosens termasuk pemain belakang yang cukup produktif. Dia sudah mencetak 29 gol dan 21 assist dari 157 penampilan untuk La Dea.

 

7 dari 7 halaman

Alejandro Balde

Alejandro Balde merupakan pemain jebolan akademi La Masia. Dia naik ke tim utama Barcelona setelah kepergian Junior Firpo ke Leeds United.

Balde selama ini menjadi pelapis Jordi Alba di posisi bek kiri. Pemain berusia 18 tahun tersebut sampai sejauh ini baru tampil dua kali.

Balde memang belum menjadi pilihan utama di posisi bek kiri Barcelona. Namun, dia bisa belajar banyak dari Jordi Alba sebelum menggantikan seniornya tersebut di masa depan.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 25/10/2021)

Video Populer

Foto Populer