Sukses


Liga Spanyol: Andres Iniesta Akui Xavi Hernandez Sebagai Pelatih Sempurna untuk Barcelona

Bola.com, Jakarta - Barcelona segera memulai babak baru bersama Xavi Hernandez yang akhirnya resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar. Xavi sepakat menandatangani kontrak berdurasi tiga musim, atau sampai 30 Juni 2024.

Setelah memecat Ronald Koeman pada 27 Oktober lalu, Barca genjar memburu tanda tangan Xavi Hernandez. Manajemen Barcelona pun langsung terbang ke Qatar untuk bertemu dengan Xavi dan sang agen untuk membahas rencana kerja sama.

Legenda Barcelona, Andres Iniesta mendukung penuh penunjukkan Xavi Hernandez sebagai manajer baru Barcelona. Ia menilai pelatih 41 tahun itu adalah sosok pelatih yang sempurna untuk Las Azulgrana.

Seperti yang sudah diketahui, Barcelona tanpa pelatih kepala permanen sejak dua pekan yang lalu. Karena manajemen Barcelona memutuskan memecat Ronald Koeman dari jabatan manajer Barcelona.

Di akhir pekan kemarin, Barcelona akhirnya menunjuk pengganti Koeman. Mereka mempekerjakan pelatih Al-Sadd sekaligus legenda klub mereka, Xavi sebagai manajer baru Barcelona.

Iniesta pribadi mendukung Xavi menjadi manajer baru Barcelona. "Dia [Xavi] sudah siap untuk pekerjaan ini," ujar Iniesta kepada beIN Sports.

2 dari 4 halaman

Tak Butuh Adaptasi

Iniesta mengetahui ada banyak yang meragukan kapasitas Xavi sebagai manajer Barcelona. Karena ia belum punya pengalaman melatih tim-timn top Eropa.

Namun Iniesta menilai Xavi Hernandez sudah siap untuk pekerjaan itu. Ia menilai mantan tandemnya itu punya track record yang apik di Al-Sadd sehingga ia dianggap cocok melatih Barcelona.

"Dia sudah mempersiapkan dirinya dan ia mampu menjadi pelatih tim ini. Ia tidak hanya jadi pemain yang luar biasa tetapi juga pelatih yang luar biasa. Ia sudah siap akan tantangan ini,"

3 dari 4 halaman

Kandidat Terbaik

Menurut Andres Iniesta, saat ini tidak ada pelatih yang lebih sempurna menangani Barcelona ketimbang Xavi. Ia menilai pelatih 41 tahun itu kandidat terbaik untuk Barcelona saat ini.

Ia menilai sebagai pemain, ia menunjukkan kapasitas yang luar biasa sebagai jendral lini tengah Barcelona. Selain itu ia juga mengenal baik Barcelona dari semua tingkatan sehingga ia yaki Xavi manajer yang tepat untuk Barcelona.

"Dia kandidat yang sempurna untuk pekerjaan ini. Ini bukan karena ia mengenal La Masia atau klub, tetapi karena ia benar-benar siap untuk menangani tim sebesar ini,"

4 dari 4 halaman

Doakan Sukses

Pada kesempatan ini, Iniesta mendoakan Xavi agar sukses di Barcelona. Ia menyebut tantangan yang dihadapi Xavi cukup berat namun ia optimistis Xavi bisa melaluinya.

"Saya mendoakan yang terbaik untuknya. Saya yakin dia akan baik-baik saja karena ia sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk momen ini,"

"Ia juga sangat antusias bisa mengambil tantangan ini. Saya berharap ia bisa sukses di Barcelona. Saya mendoakan yang terbaik untuknya," ujarnya.

Xavi punya banyak pekerjaan rumah di Barcelona. Karena saat ini skuat Barcelona tengah limbung.

Di akhir pekan kemarin El Blaugrana ditahan imbang Celta Vigo dengan skor 3-3. Sehingga mereka kini menempati peringkat sembilan klasemen La Liga.

Disadur dari Bola.net (Serafin Unus Pasi. published 8/11/2021)

Video Populer

Foto Populer