Sukses


Liga Spanyol: Xavi Hernandez Mulai Makan Korban di Barcelona, Philippe Coutinho dan Frenkie De Jong Bakal Dijual

Bola.com, Jakarta - Xavi Hernandez datang melatih Barcelona dan mulai bersih-bersih pemain yang menurut dirinya tidak masuk skema permainan.

Nama pertama yang kemungkinan bakal ditendang Xavi Hernandez adalah Philippe Coutinho. Dilaporkan, eks pemain Liverpool ini sudah membuat keputusan untuk bertahan di Barcelona.

Akan tetapi, masa depannya tak menentu lantaran manajemen klub disebut-sebut berniat melepasnya.

Philippe Coutinho meninggalkan Liverpool pada 2018 untuk bergabung dengan Barcelona dengan dana mencapai 142 juta pounds.

Akan tetapi, ia dianggap gagap memenuhi ekspektasi. Pada musim 2019/2020, Barcelona bahkan meminjamkannya ke Bauern Munchen seiring isu kepergiannya dari Camp Nou.

Kehadiran Xavi Hernandez tak membuat segalanya lebih baik. Spekulasi yang berkembang menyebut Coutinho tak masuk skema utama di lini tengah Barcelona.

Coutinho disebut bakal menjadi pemain berikutnya yang ditendang karena gaji yang teramat besar. Antoine Griezmann dan Lionel Messi saja jadi korbannya.

2 dari 4 halaman

Frenkie De Jong Juga Jadi Korban

Kualitas pemain di lini tengah Barcelona yang cukup melimpah membuat Xavi Hernandez kepikiran untuk menendang salah satu pemain. Dan menurut kabar, Frenkie De Jong adalah pemain yang dimaksud.

De Jong bergabung dengan Barcelona di tahun 2019, tepatnya setelah berhasil membawa Ajax Amsterdam ke babak semifinal Liga Champions. Namun transfernya rampung beberapa bulan sebelum momen magis itu terjadi.

Pada mulanya, De Jong sempat mengalami masa-masa sulit di Barcelona. Namun begitu sudah mendapatkan alur bermain yang tepat, gelandang berkebangsaan Belanda itu konsisten memberikan performa terbaiknya.

Tidak bisa dimungkiri kalau De Jong sulit digantikan di lini tengah Barcelona saat ini. Namun kedatangan Xavi Hernandez membuat nasibnya berputar 180 derajat. Ia kini tidak dianggap sebagai pemain yang tak bisa dijual.

3 dari 4 halaman

Barcelona Butuh Dana

Kabar ini datang dari El Chiringuito. Disebutkan pada laporan tersebut, bahwasanya De Jong bisa masuk ke dalam daftar jual Barcelona lantaran krisis finansial, sementara ada beberapa sektor yang perlu diperkuat pada bulan Januari nanti.

Krisis finansial, yang membuat Barcelona harus kehilangan Lionel Messi, membatasi pergerakan klub di bursa transfer. Dan ketika bursa transfer musim dingin dibuka, klub harus menjual pemain terlebih dahulu sebelum mendatangkan yang baru.

Daftar belanja Xavi terbilang cukup banyak dan butuh biaya yang besar. Lini depan adalah sektor yang ingin diperkuat, dan Barcelona disebut-sebut hanya tertarik dengan pemain seperti Raheem Sterling atau Karim Adeyemi.

Barcelona merekrut De Jong dari Ajax Amsterdam seharga 75 juta euro. Berhubung performanya sejauh ini cukup konsisten, dan juga potensinya, Barcelona harusnya bisa mengantongi uang yang tidak jauh dari harga pembeliannya dulu.

Sumber: El Chiringuito via Daily Star, Liverpool Echo, Sport

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Barcelona Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer