Liga Spanyol: Terus Jadi Andalan di Barcelona, Jordi Alba Alami Cedera karena Kemampuan Otot Mencapai Batas

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 29 Nov 2021, 22:30 WIB
Diperbarui 29 Nov 2021, 22:30 WIB
Foto: Masih Terganjal Regulasi Finansial, 4 Kapten Anyar Barcelona Ini Rela Dipotong Gajinya
Terbaru ada Jordi Alba yang mengikuti langkah ketiga pemain sebelumnya untuk mengatasi permasalahan finansial Barcelona. Dilansir dari Sport, Alba bersedia mendapatkan pemotongan gaji sebesar 25 persen dari kontraknya yang habis pada 2024 mendatang. (Foto: AFP/Lluis Gene)

Bola.com, Barcelona - Bek kiri andalan Barcelona, Jordi Alba, tampaknya sudah mencapai batas kemampuan fisiknya. Terus menerus menjadi andalan di sisi kiri pertahanan timnya dan kerap maju membantu serangan, Jordi Alba kini mengalami cedera.

Jordi Alba masih menjadi starter ketika Barcelona menghadapi Villarreal dalam laga jornada 15 La Liga Spanyol, Minggu (28/11/2021) dini hari WIB. Dalam kemenangan yang disebut-sebut berbau kontroversial itu, Barcelona harus kehilangan Jordi Alba yang ditarik keluar pada menit ke-71.

Cedera Jordi Alba dimulai pada menit ke-60 ketika ia mengeluh kesakitan pada ototnya. Bahkan bek Timnas Spanyol itu meminta untuk ditarik keluar setelah merasa sangat kesakitan dan sulit untuk melanjutkan pertandingan.

Sejak saat itu juga, dipastikan Jordi Alba mengalami cedera karena terlalu membebani otot paha depannya. Jordi Alba telah memainkan banyak pertandingan, baik bersama Barcelona maupun Timnas Spanyol.

Hal tersebut tampaknya cukup memberikan beban yang berlebihan kepada ototnya. Bisa dibilang pemain berusia 32 tahun itu telah mencapai batas dari kemampuan ototnya dan perlu menepi sejenak untuk mengurangi beban yang dialami oleh ototnya.

Jordi Alba akan menjalani sejumlah perawatan fisioterapi pada awal pekan ini. Setelah itu Barcelona baru akan menilai apa sang pemain bisa siap bermain ketika menghadapi Real Betis pada akhir pekan mendatang.

2 dari 3 halaman

Statistik Jordi Alba Musim Ini

Foto: 5 Pemain dengan Durasi Terlama Memperkuat Barcelona usai Kepergian Lionel Messi, Pique dan Busquets Terlama
Jordi Alba. Bek kiri Spanyol berusia 32 tahun ini kini memasuki musim ke-10 bersama Barcelona. Ia didatangkan dari Valencia pada awal musim 2012/2013. Total telah tampil dalam 387 laga di semua kompetisi dengan mencetak 22 gol. (Foto: AFP/Cristina Quicler)

Pada musim ini, Jordi Alba tercatat bermain sebanyak 10 kali bersama Barcelona di La Liga dan 4 kali di Liga Champions. Dari total 14 laga tersebut, Jordi Alba 13 kali menjadi starter dan 12 kali bermain penuh.

Bicara di kompetisi La Liga musim ini, Jordi Alba masuk dalam 10 pemain teratas tentang jumlah menit bermain di lapangan hijau, tepatnya berada di peringkat delapan dalam urusan menit bermain terbanyak di skuad Barcelona saat ini.

Jordi Alba ada dalam daftar 10 pemain Barcelona dengan menit bermain terbanyak di La Liga musim ini dengan fakta, hanya ada dua pemain yang berusia lebih tua darinya dalam daftar itu, yaitu Sergio Busquets dan Gerard Pique.

Dengan posisinya sebagai full-back, Jordi Alba harus naik dan turun, membantu penyerangan dan disiplin mengawal pertahanan, tentu saja tugasnya jauh lebih berat dari pemain lain, seperti kiper, striker, ataupun stoper.

Itu belum termasuk ketika Barcelona bermain di Liga Champions, dan juga belum termasuk ketika Jordi Alba mendapatkan kesempatan untuk bermain bersama Timnas Spanyol, di mana pada tahun ini Jordi Alba bermain penuh dalam empat laga yang dimainkan La Furia Roja di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sumber: Football Espana, Statistik Soccerway

3 dari 3 halaman

Posisi Barcelona di La Liga Spanyol Saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓