Sukses


Setelah 18 Tahun, Timnas Spanyol Bakal Kembali Bermain di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Timnas Spanyol untuk pertama kalinya dalam kurun waktu hampir dua dekade, bakal bermain kembali di Barcelona. Selama ini La Furia Roja hanya bermain di Madrid, Valencia, Sevilla, ataupun Bilbao.

Bisa dibilang sudah sekitar 18 tahun Timnas Spanyol tidak pernah di Catalonia. Tensi politik tetap tinggi di Catalonia saat kawasan tersebut mengupayakan kemerdekaan dan setelah referendum kemerdekaan yang kontroversial pada 2017.

Tawaran kemerdekaan telah menyebabkan keraguan dari federasi sepak bola Spanyol (RFEF) untuk bermain di Barcelona, meskipun kota itu menjadi satu di antara kota sepak bola terbesar di negara tersebut.

Namun, jeda sejak 2004 itu akan berakhir setelah adanya jadwal laga yang akan digelar pada Maret 2022 nanti. Timnas Spanyol akan bermain menghadapi Albania dalam laga persahabatan internasional pada 27 Maret 2022 di Stadion RCDE yang merupakan markas dari Espanyol.

Menarik untuk melihat bagaimana Timnas Spanyol disambut dengan hangat dan seperti apa kehadiran mereka akan menarik minat dari penggemar, di mana Stadion RCDE menampung hingga 40.000 suporter.

2 dari 3 halaman

Jarang Bermain di Barcelona

Timnas Spanyol terakhir kali memainkan laga kandangnya di Barcelona pada 2004, tepatnya pada 18 Februari 2004, dalam laga persahabatan menghadapi Peru. Kala itu, Spanyol menang 2-1 atas Peru berkat gol Joserba Andoni Etxeberria Lizardi dan Ruben Baraja Vegas.

Bahkan sejak 2000, Timnas Spanyol tercatat hanya tiga kali bermain di Barcelona. Dua pertandingan lain adalah kemenangan 2-0 atas Italia di pertandingan persahabatan pada 29 Maret 2000, dan hasil imbang 1-1 dengan Portugal pada 13 Februari 2002.

Sementara dalam sejarahnya sejak 1920, Timnas Spanyol hanya bermain sebanyak 18 kali di berbagai stadion yang ada di Barcelona.

3 dari 3 halaman

Hadapi Albania di Barcelona, Islandia Masih Belum Dipastikan

Timnas Spanyol akan menjalani dua laga persahabatan internasional pada FIFA Matchday Maret 2022. Selain menghadapi Albania, La Furia Roja juga akan menghadapi Islandia pada 29 Maret 2022.

Namun, jika pertandingan kontra Albania sudah ditetapkan bakal digelar di RCDE Stadium, Barcelona, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) belum mengumumkan bakal digelar di stadion mana pertandingan kontra Islandia, mengingat pertandingan tersebut akan tetap digelar di Negeri Matador itu.

Sumber: Football Espana

Video Populer

Foto Populer