Sukses


VIDEO: Rest In Peace Paco Gento, Legenda Real Madrid Peraih Gelar Juara Eropa Terbanyak

Bola.com, Madrid - Salah satu legenda Real Madrid, Paco Gento, meninggal dunia pada Selasa (18/1/2022). Mantan pesepak bola dengan nama lengkap Francisco Gento Lopez tersebut wafat dalam usia 88 tahun.

Paco Gento dikenal sebagai pesepak bola dengan gelar juara Eropa terbanyak. Paco meraihnya bersama Real Madrid, yaitu sebanyak 6 kali. Ia memenangi gelar juara untuk musim 1955/1956, 1956/1957, 1957/1958, 1958/1959, 1959/1960, dan 1965/1966.

Tidak hanya mengantarkan Los Blancos meraih 6 gelar juara tersebut, Paco juga beberapa kali menjadi salah satu pemain yang berkontribusi terhadap kemenangan timnya pada partai final. Salah satunya ketika final 1958, Gento mencetak gol kemenangan atas AC Milan pada menit ke-107. Real Madrid menang dengan skor 3-2.

Rekan setimnya, Hector Rial, memberi julukan untuk Paco Gento yaitu La Galerna del Cantabrico, atau bisa diartikan Badai Laut Cantabria, seperti dilansir dari Guardian. Hal itu merujuk kepada kecepatan yang dimiliki seorang Paco, yang lahir di Desa Guarnizo, Cantabria, daerah utara di Spanyol pada 21 Oktober 1933.

Paco dikenal sebagai pemain sayap kiri yang tajam dan cepat. Namun, ia pernah mengungkapkan bahwa dirinya tidak puas dengan posisinya di lapangan. "Saya pemain yang tidak puas," kata Gento, seperti dilansir dari Guardian.

"Bukan dengan klub, kontrak, atau hidup saya. Akan tetapi, tidak puas dengan diri saya sendiri dan elemen-elemen dalam kemampuan yang dimiliki. Saya berusaha dengan keras dan konsisten untuk meningkatkan dan membuatnya lebih efisien."

"Saya juga tidak puas dengan posisi sebagai pemain sayap kiri. Saya menerima posisi itu hanya karena saya tahu itu adalah posisi di mana saya paling dianggap berharga bagi Real Madrid," kata Paco Gento, sang peraih gelar juara Eropa untuk sampai saat ini yang terbanyak.

Video Populer

Foto Populer