Sukses


    Momen Presiden RI di Markas Persipura: Soekarno 1963, Jokowi 2016

    Bola.com, Jayapura - Presiden RI, Joko Widodo, memenuhi janjinya hadir pada pembukaan Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 Presented by IM3 Ooredoo, Jumat (29/4/2016). Sekitar jam 23.05 WIT, kepala pemerintahan sekaligus kepala negara Indonesia itu tiba di Stadion Mandala, Jayapura.

    Kehadiran Presiden Joko Widodo disambut positif ribuan pendukung Persipura yang memang sudah penasaran dengan sosok Joko Widodo. Mereka mengucapkan selamat datang pada Presiden asal Solo, Jateng, itu melalui nyanyian penuh semangat.

    Kehadiran Presiden Joko Widodo di Stadion Mandala bagi sebagian suporter tim Mutiara Hitam serta warga Jayapura maupun Papua pada khususnya, sangat dinanti.

    Pasalnya, Joko Widodo adalah presiden pertama yang mengunjungi Stadion Mandala, sejak kali terakhir dilakukan Presiden Soekarno pada 1963.

    Seperti diketahui, Presiden pertama Indonesia itulah yang memberi nama stadion yang terletak di daerah Dok V, Kota Jayapura ini dengan nama "Mandala". Nama itu mengacu pada Komando Mandala, yang dibentuk pada 1962 untuk membebaskan Irian Barat.

    Kendati lapangan yang sekarang ada di Stadion Mandala ini sudah ada sejak zaman kolonialisme Belanda, bangunan stadion baru mulai didirikan pada 1963. Stadion Mandala merupakan stadion pertama di provinsi yang kini bernama Papua ini.

    Sesaat setelah tiba, Joko Widodo didampingi Menpora Imam Nahrawi turun ke tepi lapangan dan menyaksikan secara dekat kick-off babak kedua Persipura versus Persija. Skor pertandingan saat itu 1-1. 

    Presiden Joko Widodo, meniup pluit membuka babak kedua antara Persipura melawan Persija pada laga Torabika Soccer Championship 2016 di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (29/4/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

    Joko Widodo tidak memberikan sambutan, hanya meniup peluit tanda dimulainya babak kedua, dan langsung kembali ke tribune VVIP. Namun, saat pembukaan, Panglima TNI Gatot Nurmantyo beserta Kapolri Badrodin Haiti, menitipkan pesan Presiden Joko Widodo.

    "Papua mendapat perhatian khusus dari Bapak Presiden, itulah mengapa pembukaan dilakukan di sini. Presiden berharap kebangkitan sepak bola bisa dimulai dari sini," ujar Gatot, membacakan pidato Presiden Jokowi dalam acara pembukaan.

    Terlepas dari hasil imbang yang diraih Persipura melawan Persija pada laga perdana di TSC 2016 ini, malam kemarin dikenang pencinta Persipura dan warga Jayapura karena pertandingan klub idola mereka disaksikan secara langsung oleh Presiden RI.

    Video Populer

    Foto Populer