500 Suporter Semen Padang Ramaikan Laga Melawan Persija di SUGBK

Oleh Gerry Anugrah Putra pada 08 Mei 2016, 20:15 WIB
Diperbarui 08 Mei 2016, 20:15 WIB
Semen Padang
Salah satu kelompok suporter Semen Padang, Spartacks, turut hadir mendukung tim "Kabau Sirah" mengukir sejarah di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (24/1/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Dukungan diberikan fans Semen Padang, The Spartacks, saat menghadapi Persija Jakarta dalam lanjutan Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (8/5/2016). Sebanyak 100 pendukung Semen Padang datang langsung dari kota Padang dan berbaur dengan 400 pendukung Kabau Sirah yang berdomisili di Jakarta.

The Spartacks memang sudah merencanakan melakukan perjalanan ke Jakarta. Rencana itu muncul setelah hasil positif yang diraih tim asuhan Nilmaizar pada laga pertama usai mengalahkan PSM Makassar 2-1, pekan lalu.

"Kami ada yang datang langsung dari Padang, tapi memang lebih banyak anggota yang di Jakarta. Ada sebanyak 500 suporter yang memberikan dukungan langsung untuk Semen Padang," ujar Rizal Saparudin, koordinator The Spartacks Jabodetabek.

Atraksi yang ditampilkan The Spartacks adalah yel-yel dan koregrafi dengan balon. Balon berwarna merah, kuning dan hitam meunjukan warna identitas klub berjuluk Kabau Sirah. “Atraksi balon ini untuk menunjukan bahwa kami total untuk Semen Padang. Dengan warna ini kami ingin pemain melihat dukungan total kami di Jakarta,” ia mengungkapkan.

Rizal juga mengatakan bahwa anggotanya diterima dengan sangat baik oleh The Jakmania di Jakarta. Kedua pendukung fanatik itu pun saling berbalas yel-yel dan atraksi sebelum pertandingan. “Terima kasih, The Jakmania.. dari kami, Semen Padang," begitulah nyanyian yel-yel dari Spartack menggema di Stadion GBK dan dibalas dengan tepuk tangan meriah oleh suporter tuan rumah.

Sementara itu, laga sarat gengsi Persija melawan Semen Padang dijaga sebanyak 2.700 personel gabungan dari Polda Metro Jaya. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari Satgasda dan juga Kodam Jaya.

Kabid humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono mengatakan bahwa personel gabungan tersebut melakukan pengamanan di sekitar kawasan stadion dan juga pintu masuk stadion sebelum pertandingan dimulai.

Personel gabungan itu terdiri dari 2100 anggota Satgasda, lalu 300 personel dari Satgares, dan 200 personel dari Kodam Jaya. “Sterilisasi dilakukan sebelum pertandingan dilakukan. Lokasi sudah disterilkan dari kemungkinan ancaman yang terjadi,” ucap Awi Setiyono kepada wartawan. “Selain di stadion, kami juga sudah mengamankan beberapa titik yang menjadi pusat pemberangkatan pendukung,” lanjutnya.

Kombes Awi juga mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pengamanan dengan menggeledah suporter Persija dan Semen Padang yang datang ke stadion. Selain pengamanan kedua suporter, Awi juga menegaskan bahwa pihaknya mengawasi para penjual tiket di luar penjual resmi alias calo.