Hattrick Marcel Sacramento Benamkan Madura United di Padang

Oleh Aning Jati pada 08 Agu 2016, 17:58 WIB
Diperbarui 08 Agu 2016, 17:58 WIB
Marcel Sacramento

Bola.com, Padang - Bertindak sebagai tuan rumah dimanfaatkan Semen Padang ketika menjamu Madura United (MU) pada pekan ke-14 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo, Senin, (8/8/2016), di Stadion H. Agus Salim, Padang.

Laga ini dimenangi Semen Padang dengan skor 3-1 lewat hattrick Marcel Sacramento pada menit ke-30, 57, dan 59. Satu gol Madura United diceploskan Fabiano Beltrame dari titik putih menit ke-18.

Pasukan Nil Maizar mendominasi jalannya pertandingan babak pertama. Pada menit delapan, peluang pertama didapatkan tuan rumah melalui sepakan keras Vendry Mofu dari sisi kiri pertahanan Madura United. Namun, tendangannya masih melebar ke sisi kanan gawang lawan yang dikawal Hery Prasetyo.

Enam menit berselang giliran Riko Simanjuntak yang mengancam gawang Laskar Sape Kerrab. Namun, tendangan Riko masih melebar.
Tim tamu tak tinggal diam diserang terus-menerus. Beberapa kali Bayu Gatra dkk. melakukan serangan balasan.

Upaya tersebut membuahkan hasil. Umpan melalui tendangan bebas yang dilepaskan Slamet Nurcahyo di ujung sebelah kanan gawang Semen Padang disambut dengan baik Fabiano Beltrame yang berhasil lolos dari penjagaan Irsyad Maulana di sisi kiri gawang Rivki Mokodompit. Sundulan Fabiano di menit ke-17 itu membuat Madura unggul 1-0.

Menjelang 30 menit jalannya pertandingan, petaka muncul bagi tim tamu. Usai membawa timnya unggul, Beltrame melakukan handsball membuahkan penalti bagi tuan rumah. Marcel Sacramento menjalankan tugas sebagai eksekutor dengan baik. Skor berubah jadi 1-1.

Di awal babak kedua, Semen Padang tetap menyuguhkan permainan menyerang. Tembakan yang dilepas M. Nur Iskandar pada menit ke-47 masih mampu ditepis Hery Prasetyo.

Ditekan terus-menerus membuat pertahanan Sape Kerrab goyah. Dua gol tambahan untuk kubu tuan rumah tercipta hanya dalam tempo dua menit, pada menit ke-57 dan 59. Dua gol itu dicetak kembali oleh Marcel Sacramento hingga penyerang asal Brasil itu mencatatkan hattrick di laga ini.

Gol kedua Semen Padang tercipta lewat tendangan voli kaki kanan Sacramento yang berhasil melepaskan diri dari impitan tiga pemain belakang tim tamu. Belum usai berbenah dari kebobolan untuk kedua kalinya, lini belakang tim tamu kembali dibuat berkeringat lewat akselerasi Riko Simanjuntak di sisi kiri pertahanan Madura United.

Riko berhasil melepas umpan matang yang disambut Sacramento, yang berdiri bebas tanpa disadari Munhar cs. Tembakan yang diceploskan itu gagal dijangkau Hery. Skor 3-1 jadi keunggulan Semen Padang.

Selepas itu tensi pertandingan menurun. Usaha tim Kabau Sirah menambah gol lagi tak berhasil termasuk tusukan M. Nur Iskandar dari sisi kanan pertahanan lawan pada menit ke-88 masih melebar. Upaya Madura United menipiskan skor tak berhasil. Skor 3-1 untuk Semen Padang tak berubah hingga pertandingan berakhir.

Di sisi lain, wasit Asep Yandis mencabut delapan kartu kuning sepanjang pertandingan ini yang tercatat sebagai kartu kuning terbanyak sejauh ini dalam satu laga di TSC 2016. (Gregorius Aryodamar Pranandito)

Susunan Pemain
Semen Padang (4-4-1-1): Rivki Mokodompit; Hengki Ardiles, Handi Ramdhan, Cassio Fransisco, Novan Sasongko; Irsyad Maulana, Rudi, Vendry Mofu/Mekan Nasyrov, Riko Simanjuntak; Muhammad Iskandar; Marcel Sacramento
Pelatih: Nilmaizar

Madura United (4-4-2): Hery Prasetyo; Gilang Ginarsa, Fabiano Beltrame, Munhar, Rendi Siregar; Engelberd Sani, Slamet Nurcahyo, Dane Milovanovic/Pablo Rodriguez, Asep Berlian; Bayu Gatra/Ahmad Maulana, Elthon Maran/Rossy Nopriharis
Pelatih: Gomes de Oliveira