Bali United Maksimalkan Pemain Lokal pada Putaran Kedua TSC

Oleh Permana Kusumadijaya pada 16 Agu 2016, 09:15 WIB
Diperbarui 16 Agu 2016, 09:15 WIB
Bali United

Bola.com, Kuta - Bali United FC memutus kontrak dua pemain asing, Lucas Patinho (Brasil) dan Kiko Insa (Spanyol) meski putaran pertama Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo belum berakhir.

Menurut Pelatih Indra Sjafri, keputusan mendepak dua pemain tersebut karena mereka tidak memberikan kontribusi seperti yang diharapkan. Patinho didepak setelah mengalami cedera bahu berkepanjangan. Manajemen terpaksa memutus kontraknya karena cedera yang diderita Pantinho merupakan cedera bawaan yang tidak ia informasikan saat penandatangan kontrak.

Sedangkan Kiko Insa, menurut Indra Sjafri, penampilannya menurun sehingga ia sendiri memutuskan untuk mengganti Kiko Insa dengan merekrut Abdul Rahman yang sebelumnya berkiprah di klub Timor Leste, Karketu Dili FC.

"Saya sudah sampaikan beberapa kali jika saya ini sangat konsen terhadap pemain lokal. Buat apa memakai pemain asing jika kemampuannya sama dengan pemain lokal. Saya sudah merekrut Abdul Rahman untuk mengganti Kiko Insa," kata Indra Sjafri kepada Bola.com.

Indra Sjafri menegaskan tidak ada kekhawatiran apapun dengan keputusan mendepak kedua pemain asing itu. Pencoretan pemain asing justru jadi ajang bagi Bali United untuk melakukan penyegaran pemain. Lima pemain U-21 Bali United sudah dicoba di tim senior. Indra juga akan menambah dua pemain lokal lagi untuk putaran kedua.

"Pemecataan kedua pemain itu saya kira bukan berita besar. Justru berita besarnya adalah saya mengangkat lima pemain U-21 Bali United ke tim senior. Tidak bakal mengganggu proses tim yang sedang berjalan," ujarnya.

Bagi Indra, tidak ada perubahan signifikan saat Bali United memakai pemain asing (Lucas dan Kiko) dan tanpa pemain asing. Meski dari sisi hasil menurun, Indra mengakui hal itu tidak jadi masalah.

"Sudah 14 pertandingan dan saya kira waktu itu cukup untuk memberikan kesempatan kepada pemain. Kalau kualitas masih bagus pemain lokal, kenapa saya harus memakai pemain asing," kata Indra Sjafri mengakhiri pembicaraan.

Sponsored by: