Bhayangkara FC Pertanyakan Kinerja Wasit usai Kalah di Jayapura

Oleh Zaidan Nazarul pada 02 Des 2016, 22:15 WIB
Diperbarui 02 Des 2016, 22:15 WIB

 

Bola.com, Jayapura - Asa Bhayangkara FC membawa pulang poin saat dijamu Persipura pada pekan ke-31 Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo, Jumat (2/12/2016), di Stadion Mandala, Jayapura, tidak terwujud lantaran takluk 1-2 dari tim tuan rumah.

Kekalahan ini membuat mereka harus kembali ke Surabaya dengan tangan hampa. Pelatih Bhayangkara FC, Ibnu Grahan, sangat menyesalkan kekalahan timnya di laga ini. Ia juga mempertanyakan keputusan wasit yang memberikan hadiah penalti kepada Persipura.

Ibnu menilai keputusan wasit bisa diperdebatkan karena sebelum bola mengenai tangan Lee Yu-jun, gelandang Bhayangkara FC asal Korsel itu lebih dulu didorong pemain Persipura. "Saat bola mendarat ke pundak Lee, bukan tangan, posisi tangan Lee tidak aktif," ujar Ibnu yang disetujui Lee.

Menurut Ibnu ada perlakukan berbeda dalam dua kasus yang sama. Ini mengacu pada handsball Edward Wilson Junior sesaat sebelum terjadinya gol pertama Persipura yang dicetaknya. Bahkan dari penilaian para pemain Bhayangkara FC, tangan Edward lebih dulu menyentuh bola. Berbeda dengan Lee, tangan Edward saat itu aktif.

Namun, saat itu wasit Fariq Iitaba justru mengacuhkan kejadian itu dan mengesahkan gol Edward. "Karena itulah saya protes keras di pertandingan tadi. Kami hanya meminta wasit adil saat memimpin," keluh Ibnu.

Di mata Ibnu, dua gol Persipura tidak sepatutnya disahkan karena berbau kontroversial. Ia menyayangkan kejadian tersebut karena sebetulnya kedua tim tampil bagus di pertandingan ini. Ia juga memuji permainan anak buahnya. Bahkan ia menilai timya tidak pantas kalah karena mereka memberikan perlawanan sepanjang laga.

"Kami tak seperti tim tamu. Meski mereka menguasai jalannya pertandingan. Kami berkali-kali juga merepotkan mereka melalui serangan balik. Hampir tak ada celah yang bisa mereka tembus," tuturnya.

Wajar jika kemudian pemain Bhayangkara FC, Ilham Udin Armaiyn dan Wahyu Tri Nugroho, sangat menyesalkan kekalahan ini. Keduanya berharap di sisa pertandingan ke depan, mereka bisa meraih hasil maksimal. "Silakan tanya sendiri ke pihak Persipura bagaimana kami tadi bermain," ucap Wahyu.