Bali United Dianggap Mainkan Pemain Akumulasi saat Melawan Arema

Oleh Iwan Setiawan pada 04 Des 2016, 09:55 WIB
Diperbarui 04 Des 2016, 09:55 WIB

Bola.com, Gianyar - Sebuah pertanyaan besar muncul saat Bali United memainkan striker Nemanja Vidakovic dalam pertandingan melawan Arema Cronus, Sabtu (3/12/2016) petang. Penyerang asal Australia itu mengantongi lima kartu kuning.

Vidakovic terakhir menerima kartu ketika Bali United menang 1-0 melawan Gresik United di laga sebelumnya. Perolehan kartu itu tercatat dalam situs resmi operator, indonesiansc.com. Hal itu berarti Vidakovic harusnya menjalani sanksi larangan bermain saat melawan Arema.

"Statusnya sama seperti Syaiful Indra di Arema yang dapat lima kartu kuning. Harusnya, meski Vidakovic tidak dapat surat larangan bermain, Bali United tanggap. Dalam aturan TSC, setiap tim berkewajiban melakukan pengawasan terhadap perolehan kartu pemainnya," kata Sudarmaji, Media Officer Arema.

Manajemen Arema akan langsung berkomunikasi dengan operator terkait hal itu karena tim Singo Edan tentu dirugikan. Apalagi Vidakovic berhasil memberikan assist terhadap gol pertama yang dicetak Bali United ke gawang Arema.

 

Jika melihat dalam Kode Disiplin ISC Pasal 29, jika klub menurunkan pemain tidak sah, akan dikenai denda 50 juta rupiah dan pembatalan pertandingan.

"Kami akan tunggu keputusannya seperti apa karena Arema sudah mematuhi aturan tentang pemain yang terkena akumulasi," lanjut Sudarmaji.

Manajemen Arema baru mengetahui jika Vidakovic sudah menerima lima kartu kuning saat pertandingan babak pertama berjalan. Manajemen berencana melaporkan kejadian itu kepada operator turnamen karena hal tersebut adalah sebuah pelanggaran.

Dalam pertandingan itu, laga berakhir dengan skor 2-2. Arema sempat tertinggal dua gol lebih dulu. Namun, dengan perjuangan berat akhirnya mereka bisa menyamakan kedudukan.

Di sisi lain, Arema juga sedikit terbantu karena ada dua pemain Bali United yang mengalami cedera dan tidak bisa melanjutkan pertandingan, yaitu Abdul Rahmad dan Vidakovic sendiri.